Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Kehilangan Google Ranking

November 15, 2017

Migrasi Blogger ke WordPress – Blogger sendiri sebenarnya sebuah istilah yang sudah tidak asing untuk orang-orang yang sehari-hari bergelut dengan bidang internet. Blogger adalah sebuah istilah keren untuk menyatakan seseorang yang punya blog di internet, dan ia suka menulis di blog yang ia miliki. Menjadi blogger itu sebenarnya asyik, jika kita mencintainya.

Menjadi blogger berarti :

  1. Sering menulis di blog (di internet).
  2. Menjadi blogger juga bisa membuat kita memiliki penghasilan sendiri, sebab sebuah blog juga bisa menghasilkan uang.
  3. Jika kamu beruntung, kamu bisa jadi orang yang terkenal karena menjadi blogger.

Blogger merupakan salah satu platform blogging yang mudah digunakan untuk memulai blog pertama Anda atau yang baru ingin belajar membuat blog. Fitur yang ramah dengan pengguna dan disertai kemudahan menambahkan konten membuat Blogger berhasil mejaring banyak pelanggan. Akan tetapi, bagi sebagian pengguna, fitur yang ditawarkan Blogger saja tidak cukup. Banyak dari mereka yang kemudian melakukan migrasi Blogger ke WordPress.

Mengapa Harus Migrasi ke WordPress

Alasannya sebenarnya sederhana. WordPress menawarkan keleluasaan yang lebih dibandingkan Blogger, baik dari sisi tampilan, kelengkapan fitur, bahkan SEO. Selengkapnya, berikut adalah beberapa poin keunggulan utama WordPress dibandingkan Blogger.

Content Management System Yang Handal
CMS (content management system) membantu anda dengan membuat atau menambahkan konten halaman dengan mudah. Anda dapat dengan mudah menambahkan konten berupa teks, gambar, status bahkan produk kapanpun yang anda inginkan, hanya dengan langkah yang sederhana.

Display
Blogspot memiliki theme dan wallpaper terbatas. WordPress memiliki ribuan theme serta beragam widget untuk membuat website Anda semakin menarik.

Kontrol Website
Apabila Anda menggunakan website WordPress Hosting, Anda dapat lebih leluasa dalam melakukan pengaturan website. Anda dapat menetapkan apapun yang Anda inginkan.

SEO Friendly
Jika anda pemain SEO anda pasti sepakat dengan saya. Ya, wordpress itu SEO friendly. Buktinya saja ketika anda mengetikkan satu dua keyword di mesin pencari pasti menemukan satu dua atau lebih web yang menggunakan wordpress di urutan-urutan teratas. WordPress diciptakan dengan struktur yang memudahkan mesin pencari membaca halaman web anda.

WordPress Relative Aman
Memang ada kemungkinan situs WordPress dapat di-hack orang, namun akan lebih mudah menjaga keamanan situs WordPress dibandingkan dengan menjaga keamanan situs yang menggunakan CMS lain. Kenapa saya bilang begitu? Ada dua alasan kenapa lebih mudah menjaga keamanan situs WordPress. Yang pertama adalah karena kita bisa mengupdate software WordPres dan mendapatkan update kemananan terbaru dengan sangat mudah dibandingkan dengan CMS lain. Yang kedua, WordPress memiliki beberapa plugins untuk keamanan yang lebih serius dimana plugins ini dapat mengunci keamanan situs tersebut dengan sangat rapat. Drupal dan CMS lain tentu memiliki solusi kemanan juga, namun tidak ada satupun dari antara CMS ini yang dapat menandingi pilihan yang tersedia pada pengguna WordPress.

Pengelolaan Mudah
Pada dasarnya, WordPress memiliki kemudahan dan kenyamanan dalam mengelola website melalui dashboard Admin Area yang telah disediakan.

Plugin dengan Berbagai Fitur Tambahan
Jika Anda menggunakan WordPress, Anda akan mendapatkan kemudahan melakukan apapun dengan plugin. Misalkan Anda ingin memperbaiki keamanan WordPress atau membuat website dengan builder. Semuanya dapat dengan mudah Anda lakukan.

Akses Website Lebih Cepat
Seluruh file HTML Blogspot terdapat dalam satu tempat. Sedangkan pada WordPress terdapat di berbagai file database. Sehingga ketika  akses akan lebih cepat, file tertentu yang dipanggil oleh browser langsung muncul tanpa load seluruh file HTML.

WordPress Memiliki Komunitas Yang Luas
Mungkin bagi kebanyakan pengguna WordPress, komunitas yang luas yang dimiliki oleh WordPress Adalah sebuah keuntungan lainnya. Apakah Anda ingin menambahkan fitur baru pada situs WordPress Anda saat ini atau ingin mencari ide dari orang lain yang ahli tentang WordPress, Anda pasti akan selalu menemukan seseorang di komunitas WordPress yang mau membantu Anda.

Nah Bagaimana Cara Memindahkan Tanpa Merusak Ranking Google?

Bagi teman teman yang sudah lama menggunakan blogger tentu akan sangat disayangkan apabila Anda kehilangan peringkat teratas Google hanya karena memutuskan untuk migrasi ke WordPress. Padahal, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Berikut kami rangkum panduan mudah cara migrasi Blogger ke WordPress untuk Anda. Dalam langkah-langkah yang akan saya berikan ini nantinya Anda bahkan dapat memindahkan semua postingan, halaman, hingga komentar pada blog Anda!

1. Self Host untuk Website Anda
Anda memerlukan Slef Host atau Hosting mandiri untuk menampung data website Anda. Pertama, pilihlah layanan hosting yang menyediakan fasilitas terbaik anda bisa melihat paketnya disini. Selain itu Anda juga perlu menyiapkan nama domain untuk blog WordPress baru Anda. Setelah Anda mengaktifkan hosting, instal WordPress di hosting melalui cPanel.

2. Export Data Blogger
Sebelum Anda migrasi  blogger ke WordPress baru. Ambil seluruh data Blogger Anda dan backup ke kompter dengan formal XML.

3. Import Blogger ke WordPress
Setelah download data Blogger berhasil, silakan beralih ke WordPress Anda. Pastikan domain dan hosting Anda aktif dan telah terinstal WordPress.

Catatan: Jika ukuran file XML yang akan diunggah lebih besar dari batas yang ditetapkan, maka Anda perlu meningkatkan kapasitas upload WordPress terlebih dahulu. Pada contoh ini batas maksimal ukuran file adalah 8 MB. Pastikan juga pada kolom Assign Author anda memilih Author yang tepat dan aman.

Migrasi Blogger ke WordPress: Blogger Import

Migrasi Blogger ke WordPress: Blogger Import

Selesai! Kini Blogger Anda telah berpindah ke WordPress. Namun Anda harus pastikan Anda tidak kehilangan Google Ranking setelah Migrasi Blogger ke WordPress selesai. Selanjutnya lakukan setting Permalink dan Redirection agar Anda tidak kehilangan pengunjung Anda. Perhatikan langkah selanjutnya.

4. Pengaturan Permalink
Setelah Anda berhasil melakukan migrasi Blogger ke WordPress, jangan lupa lakukan pengaturan Permalink di WordPress. Anda tentu tidak ingin kehilangan index Google yang telah dibangun sebelumnya di Blogger, bukan?

Migrasi Blogger ke WordPress: Permalink

Migrasi Blogger ke WordPress: Permalink

Permalink merupakan struktur SEO. Sekarang Anda perlu mengaturnya menyerupai struktur SEO pada Blogger sebelumnya di WordPress baru.
Langsung saja masuk ke menu Settings > Permalinks. Pilih Month and name, kemudian klik Save.

Migrasi Blogger ke WordPress: Setting Permalink

Migrasi Blogger ke WordPress: Setting Permalink

5. Pengaturan Redirection
Ini adalah langkah terpenting untuk menjaga agar website Anda tidak kehilangan Google Ranking saat dipindahkan dari Blogger ke WordPress.

Migrasi Blogger ke WordPress: Setting Template

Migrasi Blogger ke WordPress: Setting Template

Migrasi Blogger ke WordPress: Edit Template HTML

Migrasi Blogger ke WordPress: Edit Template HTML

Migrasi Blogger ke WordPress: Theme Functions

Migrasi Blogger ke WordPress: Theme Functions

Nah itulah trik Migrasi Blogger ke WordPress tanpa khawatir untuk kehilangan page rank di google.  Apabila Anda memiliki masukan, tanggapan, dan maupun ingin berdiskusi mengenai cara Migrasi Blogger ke WordPress, Anda dapat langsung menyampaikannya pada kolom komentar di bawah ini.
Semoga bermanfaat

Jangan lupa share ke yang lain ya, jika anda masih kesulitan melakukan Migrasi Blogger ke WordPress saya siap membantu ada kapan saja.

Migrasi Blogger ke WordPress


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *